NYT dituduh menutupi pendudukan Afrin di Turki

Februari 18, 2021 by Tidak ada Komentar


The New York Times telah dituduh menutupi pendudukan militer Turki di Afrin dan pembersihan etnis orang Kurdi. Ini mengejutkan banyak orang, mengingat bahwa surat kabar telah meliput konflik lain dengan memberikan suara kepada kedua belah pihak, tetapi ketika melaporkan di Afrin, tampaknya hanya memberi tempat kepada pejabat pendudukan militer Turki dan pro-Ankara.
Pendudukan militer ilegal. Zaitun curian dikirim ke penguasa pendudukan untuk dijual kembali. Pemukim sayap kanan mengamuk dan menyerang komunitas adat. Penganiayaan agama. Penduduk setempat diculik dalam penggerebekan di luar hukum, dipenjarakan di pusat penahanan militer rahasia. Pembersihan etnis. Semua ini terjadi di Afrin di barat laut Suriah, sebuah daerah yang dulunya adalah orang Kurdi dan diserang dan diduduki oleh Turki dan milisi ekstremis yang didukung Turki pada tahun 2018. Sejak itu, suku Kurdi telah dibersihkan, dan kuburan minoritas dan agama situs telah diobrak-abrik dan dihancurkan. The New York Times sekarang dituduh menutupi pendudukan Turki atas Afrin dalam sebuah artikel pada hari Selasa.

Para ahli, aktivis, mantan penduduk, dan komentator menyatakan keterkejutannya terhadap artikel online yang menyebutkan bahwa artikel tersebut tidak menyebutkan pelanggaran hak asasi manusia dan pengungsi yang dipaksa keluar dari Afrin. Beberapa membandingkan artikel itu dengan propaganda media Turki yang dikelola pemerintah. Untuk pers AS yang bangga menghadapi kelompok sayap kanan di AS dan mengkritik pemimpin otoriter, atau “berbicara kebenaran kepada kekuasaan”, artikel itu dikecam karena tidak menyertakan suara kritis atau perbedaan pendapat.

Berjudul “Di Zona Aman Turki di Suriah, keamanan dan kesengsaraan berjalan seiring,” artikel tersebut mengklaim bahwa sementara invasi Turki tiga tahun lalu dikritik secara luas, “hari ini, orang-orang Suriah yang mereka lindungi senang bahwa orang Turki ada di sana.” Artikel tersebut mengisyaratkan fakta bahwa 160.000 Kurdi telah dibersihkan secara etnis. “Ribuan keluarga Kurdi melarikan diri dari invasi Turki, bersama dengan pejuang Kurdi. Sebagai gantinya datang ratusan ribu warga Suriah dari daerah lain, yang telah membengkak penduduk, mengambil rumah. ” Biasanya, ketika penduduk asli terusir dan penduduk lain dipindahkan, itu disebut pembersihan etnis. Dalam kasus ini, Kurdi telah disingkirkan oleh Turki dan milisi ekstrimis agama sayap kanan yang dikendalikannya, dan Sunni Arab dan Turkmenistan dipindahkan ke Afrin.

PENGHAPUSAN Kurdi bukan karena kesalahan. Turki memiliki banyak tempat untuk menampung pengungsi Suriah di daerah yang didudukinya di Idlib dan Tel Abyad. Turki telah berusaha untuk mengubah demografi Afrin, menyingkirkan Kurdi dan Yazidi dan minoritas lainnya. Ini menyebutnya sebagai “zona aman,” mirip dengan bagaimana rezim Nazi Jerman merujuk pada “ruang hidup” di daerah yang didudukinya di Eropa Timur di mana ia mengirim etnis Jerman dan menyingkirkan orang Yahudi dan Slavia lokal.

Menurut artikel tersebut, para jurnalis “dikawal” oleh Turki dalam kunjungan ke Afrin. Koran menyebut ini sebagai “zona aman de facto”. Namun para aktivis hak asasi manusia menggambarkan betapa bagi perempuan kawasan itu tidak lagi aman. Wanita sering diculik dan ditahan di penjara rahasia, menjadi sasaran pelecehan dan pembunuhan di luar hukum. The Times dituduh menutup-nutupi. Ia mengklaim Turki telah menyediakan “infrastruktur, pendidikan dan layanan kesehatan.” Ia mengabaikan untuk mencatat, tidak seperti biasanya ketika meliput Tepi Barat, bahwa pendudukan Turki di Afrin adalah ilegal menurut hukum internasional. Ia mengabaikan untuk mewawancarai suara-suara yang tidak setuju, orang-orang terlantar dari Afrin atau kritikus manapun.

Artikel itu juga tampaknya tidak memasukkan suara apa pun dari wanita. Ia mewawancarai “Muhammad Amar” yang diklaim sebagai pejuang yang dievakuasi dari Damaskus dan dikirim ke Afrin oleh Turki di bawah kesepakatan dengan rezim Assad. Seperti pendudukan militer lainnya yang menjadi permanen, artikel tersebut mencatat bahwa “Kota telah terhubung ke jaringan listrik Turki, mengakhiri bertahun-tahun pemadaman; menggunakan ponsel dan mata uang Turki; dan telah mendaftarkan 500 perusahaan Suriah untuk perdagangan lintas batas. ” Artikel tersebut juga mencatat tidak ada suara independen di sini untuk menguatkan atau memantau pelanggaran. “Turki telah memaksa keluar banyak kelompok bantuan internasional untuk terus mengontrol dirinya sendiri.”

Artikel tersebut mengklaim ada serangan “teroris” di Afrin, tanpa memberikan bukti apa pun kecuali pejabat Turki. Biasanya ketika Times menulis tentang konflik lain, itu termasuk suara dari kedua sisi, tetapi tidak di sini. Ini berbicara kepada “kepala polisi di Afrin” yang “mengatakan 99% serangan adalah pekerjaan PKK, gerakan separatis Kurdi.” Ini adalah pernyataan yang tidak akurat karena Partai Pekerja Kurdistan (PKK) tidak separatis dan tidak ada bukti Kurdi di Afrin ingin “memisahkan” dari Suriah.

Ini sebaliknya; Turkilah yang memaksa Afrin untuk memisahkan diri melalui pendudukan. Penduduk setempat di Afrin mengatakan bahwa sering terjadi baku tembak antara kelompok yang didukung Turki dan penculikan penduduk setempat yang ditahan di penjara ilegal rahasia.

Artikel tersebut selanjutnya mengklaim bahwa dalam “Afrin, Turki telah menangani keamanan seperti pasukan NATO lainnya, mengelilingi gedung administrasi mereka dengan dinding ledakan beton tinggi dan menutup ‘zona hijau’ yang meliputi jalan perbelanjaan utama di pusat kota. ” Tidak jelas bukti apa yang dimiliki penulis tentang bagaimana “NATO” berperilaku.

DI BAWAH pendudukan militer TURKI tidak ada pers bebas, tidak ada kebebasan berkumpul dan kaum minoritas dan wanita dianiaya. Di sebagian besar negara NATO, yang terjadi justru sebaliknya.

Hanya satu wanita yang tampaknya diwawancarai dalam artikel tersebut, Rasmia Hunan al-Abdullah mengatakan bahwa “semuanya sangat sulit”. Dia mengandung balita, kata artikel itu. Sebelum invasi Ankara dan pelepasan milisi sayap kanan di Afrin, daerah itu memiliki perempuan dalam posisi kepemimpinan. Sekarang, tampaknya tidak ada perempuan yang diizinkan menduduki jabatan politik mana pun sebagai pemimpin. Pencarian artikel menemukan bahwa orang yang diwawancarai adalah laki-laki, termasuk Sulaiman, Amar, Muhammad, Orhan, Mouaz, Ibrahim, Jariri dan Said. Tidak ada suara yang berbeda pendapat atau kritik yang diwawancarai atau dikutip.

Azad Nebi menulis bahwa “cerita yang tak terkatakan adalah mayoritas penduduk asli Kurdi diusir dari rumah mereka di Afrin.” Dia men-tweet bahwa artikel itu memalukan. Alison Meuse menuduh artikel itu ditutup-tutupi sejalan dengan artikel Times yang memuji perang Azerbaijan baru-baru ini. Ariz Kader juga mengecam artikel tersebut. “Karena media tempat penerbitannya, serta tidak adanya perincian penting dari situasi di lapangan (tampaknya mendapatkan banyak konten melalui perwakilan kota Turki), ini jauh lebih merusak Afrini daripada negara Turki mana pun. bagian propaganda bisa. ” Meghan Bodette, yang mengikuti Afrin dengan cermat, bertanya apakah pemerintah NATO mendapatkan “izin pembersihan etnis gratis dari The New York Times. ”

Beberapa kritik menunjuk Carlotta Gall, kepala biro Istanbul The New York Times. Turki adalah penjara jurnalis terbesar di dunia dan kritikus sering dipenjara karena tweet dan kritik apa pun terhadap partai yang berkuasa. Pada 16 Februari, kelompok dokumentasi Wanita Afrin yang Hilang mengatakan bahwa seorang wanita diculik di Afrin. Itu memberikan namanya. Tidak jelas apakah file Waktu pernah atau belum menjangkau wanita mana pun yang dilecehkan selama tiga tahun pendudukan Turki.

Tidak ada kekurangan ahli dalam kasus Afrin. Michael Rubin dari American Enterprise Institute telah menulis tentang itu, dan para ahli seperti Amy Austin Holmes, seorang sarjana tamu di Harvard, telah berbicara tentang dukungan Ankara untuk ekstremis. Alberto Fernandez, mantan duta besar AS, juga pernah berbicara tentang Afrin, dan ketika dia menjadi presiden Penyiaran Timur Tengah, dia melakukan wawancara tentang konflik di sana.

Tidak jelas apakah file Waktu memiliki pedoman untuk melaporkan konflik di mana kedua pihak yang bertikai harus bersuara, terutama dalam kasus kontroversi dan pembersihan etnis. Biasanya, ketika melaporkan konflik Israel-Palestina atau Tepi Barat, surat kabar memberikan suara kepada warga Palestina dan bukan hanya pejabat Israel. Mengenai Turki dan Afrin, tampaknya tidak ada orang Kurdi yang diizinkan untuk bersuara. Mereka hanya secara merendahkan disebut sebagai “separatis”, padahal sebenarnya tidak. Mereka adalah penduduk lokal Afrin.


Dipersembahkan Oleh : SGP Prize